Struktur Dan Muatan
Kurikulum
di SDIT Iqra' 1 Kota Bengkulu
A.
Struktur Kurikulum
Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) IQRA’1 di yayasan Al Fida mengacu pada Kurikulum Nasional yang diperkaya dengan
kurikulum Depag dan kurikulum mandiri yang memuat nilai-nilai
keislaman.Kurikulum senantiasa disesuaikan dengan perkembangan dalam dunia
pendidikan tanpa mengubah patokan-patokan yang menjadi pilar utama dan ciri
khasnya.
Sebagai sekolah yang beorientasi
kepada Ma’rifatullah maka nilai-nilai
Islam menjadi inklusif dalam kurikulum. Selain proses pelaksanaan pembelajaran
secara langsung dalam pengajaran di kelas, dihantarkan pula penanaman
dasar-dasar nilai keislaman kepada anak didik yang dibentuk oleh seluruh komponen yang ada di lingkungan
sekolah. Dengan demikian anak didik akan
tertanam dasar keislaman yang kuat, terutama Aqidah, Akhlaq dan Al
Quran. Penanaman pola dasar pada jenjang pendidikan TK dan SD sangat penting
karena usia TK dan SD adalah usia keemasan (The
Golden Age).
SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IQRA' 1
|
|||||||
SDIT IQRA'1 KOTA BENGKULU TAHUN
PELAJARAN 2010/2011
|
|||||||
NO
|
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
TAHSIN
|
4
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
3
|
TAHFIZUL QUR'AN
|
4
|
4
|
4
|
8
|
8
|
8
|
4
|
HADITS
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
PKn
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
6
|
BAHASA INDONESIA
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
7
|
MATEMATIKA
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
8
|
IPA
|
2
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
9
|
IPS
|
2
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
10
|
SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11
|
PENDIDIKAN JASMANI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12
|
MUATAN LOKAL
|
||||||
A. BAHASA ARAB
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
B. BAHASA INGGRIS
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
C. Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
JUMLAH
|
40
|
40
|
40
|
50
|
50
|
50
|
Penjelasan untuk
Kelas I ,II III
1) Pengelolaan kegiatan pembelajaran dalam mata
pelajaran dan kegiatan belajar pembiasaan dengan menggunakan pendekatan tematik
2) Penjelasan teknis pendekatan tematik diatur dalam pedoman tersendiri.
3) Alokasi waktu total yang disediakan adalah 40 jam pelajaran per minggu.
4)
Satu jam pelajaran tatap muka dilaksanakan selama 35 menit.
5)
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (2 semester)
Penjelasan untuk Kelas IV, V,
dan VI:
1) Pengelolaan kegiatan pembelajaran dalam mata
pelajaran dan kegiatan belajar pembiasaan diorganisasikan sepenuhnya oleh
sekolah .
2) Penjelasan teknis kegiatan belajar pembiasaan diatur dalam pedoman
tersendiri.
3)
Alokasi waktu total yang disediakan adalah 40 jam pelajaran per minggu
4)
Satu jam pelajaran tatap muka dilaksanakan selama 35 menit. Minggu
efektif dalam satu tahun pelajaran (2 semester)
B. Muatan Kurikulum
Muatan Kurikulum SDIT IQRA’ 1meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan
dan kedalamannya sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang
ditetapkan oleh Mendiknas, dan muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah
serta kegiatan pengembangan diri.
a. Mata Pelajaran
Mata pelajaran dikelompokkan dalam lima kelompok sebagai berikut :
1.
Kelompok mata
pelajaran agama dan akhlak mulia.
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia
mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan
agama.
Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini adalah
Pendidikan Agama yang terdiri dari :
a. Pendidikan Agama Islam,
b. Praktek Ibadah
memberikan bekal kemampuan praktis kepada anak didik dengan materi
fiqh ibadah yang meliputi bersuci, wudlu, tayamum, shalat, do’a sehari-hari,
dll. dengan mengacu kepada standar fiqh yang shahih. Dengan menguasai ibadah
praktis diharapkan anak didik dapat melaksanakan ibadah secara benar serta
lebih berkualitas dan khusyu.
c. Tahsin dan Tahfizh Al Quran (TTQ)
·
Memberikan
kemampuan dasar kepada siswa dalam cara membaca dan menghafal ayat Al-Qur’an
·
Menguasai
cara membaca Al Quran sesuai dengan Ulumul Quran
·
Mendorong,
membina dan membimbing sikap siswa agar prillaku sesuai dengan kandungan
ayat-ayat Al-Qur’an
d. Al-Qur’an dan Al Hadits
·
Memberikan
kemampuan dasar kepada siswa dalam membaca, menulis, menghafal beberapa ayat
Al-Qur’an dan Al Hadits.
·
Menguasai
cara membaca Al Quran sesuai dengan Ulumul Quran
·
Mendorong,
membina dan membimbing sikap siswa agar prillaku sesuai dengan kandungan
ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits.
2. Kelompok mata
pelajaran kewarganegaraan dan
kepribadian.
Kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan
wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya
sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme
bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa,
pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab
sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku
anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini
adalah Pendidikan Kewarganegaraan.Siswa harus mempelajari seluruh kompetensi
dasar pada mata pelajaran tersebut.
3.
Kelompok mata pelajaran
ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dimaksudkan untuk
memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan
berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini adalah bahasa Indonesia, bahasa
Inggeris, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan
ketrampilan. Siswa
harus mempelajari seluruh kompetensi dasar pada mata pelajaran tersebut.
4.
Kelompok mata pelajaran
estetika.
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan
sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan
dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta
harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual
sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan
kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini adalah Seni
Budaya.
Tidak semua komptensi dasar yang tercakup dalam mata pelajaran seni budaya
yang harus dipelajari siswa. Yang harus dipelajari siswa adalah aspek seni
rupa, dan seni musik
5.
Kelompok mata pelajaran
jasmani, olahraga dan kesehatan.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada dimaksudkan
untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran
hidup sehat.
Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini adalah Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan.
Mata Pelajaran di SDIT IQRA’ 1 terdiri dari 11 mata pelajaran yaitu :
a. Pendidikan Agama Islam
b. Pendidikan Kewarganegaraan
c. Bahasa Indonesia
d. Matematika
e. Ilmu Pengetahuan Alam
f. Ilmu Pengetahuan Sosial
g. Seni Budaya dan Keterampilan
h. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
i. Hadits
j. Tahsin
k. Tahfidzul Qur’an
Tujuan
matapelajaran, ruang lingkup, standar kompetensi dan kompetensi dasar yang
harus dikuasai peserta didik untuk setiap matapelajaran sesuai dengan Permen
Diknas No 22 tahun 2006’
b. Muatan Lokal
Muatan Lokal di SDIT IQRA’ 1 adalah Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
1. Bahasa
Bahasa arab dan bahasa Inggris dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan kecakapan hidup siswa.
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar kompetensi Muatan Lokal Teknologi Informasi dan Komunikasi
dikembangkan untuk mendukung mutu lulusan peserta didik agar memiliki kompetensi
dalam bidang IT
Setiap peserta didik wajib
mengikuti pembelajaran muatan lokal secara keseluruhan.
c. Pengembangan Diri ( Pembiasaan )
Kegiatan pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang berdiri
sendiri yang harus diasuh oleh guru. Pengembangn diri
bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat setiap peserta didik
sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan
diri dilaksanakan melalui :
1. Kegiatan Terprogram
Kegiatan ini dilaksanakan secara reguler, di luar mata pelajaran ataupun
muatan lokal. Berbentuk kegiatan ekstra kurikuler.
Jenis kegiatannya antara lain :
a) Pramuka Sekolah Islam Terpadu
b) Footsal
c) Nasheed
d) Englis Club
e) Sastra
f) Melukis/kaligrafi
g) Sains club
h) Matematik club
i) Karate
Setiap pesertadidik wajib memilih sekurang-kurangnya satu dari kegiatan di
atas.
Program kegiatan ini terlampir.
2. Kegiatan Spontan
Kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja, dimana saja
tanpa dibatasi ruang. Bertujuan untuk memberikan pendidikan pada saat itu juga,
terutama dalam disiplin dan sopan santun dari kebiasaan yang lain.
Jenis kegiatannya antara lain :
a)
Membiasakan memberi
salam
b)
Membiasakan
melaksanakan ibadah tepat waktu dan berjamaah
c)
Membiasakan membuang
sampah pada tempatnya
d)
Operasi semut (
mengambil sampah ) secara spontan
e)
Membiasakan
menegur/mengatasi silang pendapat/pertengkaran/ hal-hal yang jelek
f)
Membiasakan hemat
energi
g)
Membiasakan budaya
antri
h)
Membiasakan memelihara
kelestarian lingkungan
3. Kegiatan Keteladan
Adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja yang lebih
mengutamakan pemberian contoh dari guru, kepala sekolah dan pengelola
pendidikan lainnya kepada peserta didik. kegiatan ini bertujuan memberi
contoh/keteladan tentang kebiasaan perilaku yang baik.
Jenis kegiatannya antara lain :
a) Memberi contoh berpakaian rapi/sederhana
b) Memberi contoh datang tepat waktu
c) Memberi contoh pulang pada waktunya/sesuai jadwal pulang
d) Memberi contoh hidup sederhana
e) Memberi contoh berbicara sopan dan santun
f) Memberi contoh berperilaku jujur
g) Memberi contoh memuji hasil kerja yang baik
4.
Kegiatan
Penunjang
Adalah kegiatan yang
direncanakan baik pada tingkat kelas, kelompok atau sekolah yang bertujuan
memberikan wawasan tambahan kepada peserta didik untuk perkembangannya dalam
kehidupan bermasyarakat.
Jenis kegiatannya
antara lain : Seminar, Workshop, Out Bound, Sosialisasi
tentang kesehatan, hidup hemat, HAM/ Hak Anak.
Proyek : Lomba, Olimpiade, dll.
maju terus sdit iqro, untuk membangun peradaban bangsa dan ummat, semoga selalu sukses dan memdapat ridho Alloh SWT
BalasHapusMasyaaAllah
BalasHapus