Kurikulum

Selamat datang di page Kurikulum :)

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
Ustadz Nanang Khosim, SHI





Struktur Dan Muatan Kurikulum
 di SDIT Iqra' 1 Kota Bengkulu

A.   Struktur Kurikulum
            Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) IQRA’1 di yayasan Al Fida mengacu pada Kurikulum Nasional yang diperkaya dengan kurikulum Depag dan kurikulum mandiri yang memuat nilai-nilai keislaman.Kurikulum senantiasa disesuaikan dengan perkembangan dalam dunia pendidikan tanpa mengubah patokan-patokan yang menjadi pilar utama dan ciri khasnya.
          Sebagai sekolah yang beorientasi kepada Ma’rifatullah maka nilai-nilai Islam menjadi inklusif dalam kurikulum. Selain proses pelaksanaan pembelajaran secara langsung dalam pengajaran di kelas, dihantarkan pula penanaman dasar-dasar nilai keislaman kepada anak didik yang dibentuk oleh  seluruh komponen yang ada di lingkungan sekolah. Dengan demikian anak didik akan  tertanam dasar keislaman yang kuat, terutama Aqidah, Akhlaq dan Al Quran. Penanaman pola dasar pada jenjang pendidikan TK dan SD sangat penting karena usia TK dan SD adalah usia keemasan (The Golden Age).

SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IQRA' 1
SDIT IQRA'1 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO
MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU
I
II
III
IV
V
VI
1
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2
2
2
2
2
2
 2
TAHSIN
4
4
4
6
6
6
 3
TAHFIZUL QUR'AN
4
4
4
8
8
8
 4
HADITS
2
2
2
2
2
2








5
PKn
2
2
2
2
2
2
6
BAHASA INDONESIA
6
6
6
6
6
6
7
MATEMATIKA
6
6
6
6
6
6
8
IPA
2
2
2
4
4
4
9
IPS
2
2
2
4
4
4
10
SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
2
2
2
2
2
2
11
PENDIDIKAN JASMANI
2
2
2
2
2
2







12
MUATAN LOKAL







A. BAHASA ARAB
2
2
2
2
2
2

B. BAHASA INGGRIS
2
2
2
2
2
2

C. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
2
2
JUMLAH
40
40
40
50
50
50

Penjelasan untuk Kelas I ,II  III
1)  Pengelolaan kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran dan kegiatan belajar pembiasaan dengan menggunakan pendekatan tematik
2)     Penjelasan teknis pendekatan tematik diatur dalam pedoman tersendiri.
3)     Alokasi waktu total yang disediakan adalah 40 jam pelajaran per minggu.
4)     Satu jam pelajaran tatap muka dilaksanakan selama 35 menit.
5)     Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (2 semester) 



Penjelasan untuk Kelas IV, V, dan VI:
1)  Pengelolaan kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran dan kegiatan belajar pembiasaan diorganisasikan sepenuhnya oleh sekolah .
2)      Penjelasan teknis kegiatan belajar pembiasaan diatur dalam pedoman tersendiri.
3)      Alokasi waktu total yang disediakan adalah 40 jam pelajaran per minggu
4)      Satu jam pelajaran tatap muka dilaksanakan selama 35 menit. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (2 semester)

B.  Muatan Kurikulum
Muatan Kurikulum SDIT IQRA’ 1meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ditetapkan oleh Mendiknas, dan muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah serta kegiatan pengembangan diri.

a.    Mata Pelajaran
Mata pelajaran dikelompokkan dalam lima kelompok sebagai berikut :
1.    Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini adalah Pendidikan Agama yang terdiri dari :
a.  Pendidikan Agama Islam,
b. Praktek Ibadah memberikan bekal kemampuan praktis kepada anak didik dengan materi fiqh ibadah yang meliputi bersuci, wudlu, tayamum, shalat, do’a sehari-hari, dll. dengan mengacu kepada standar fiqh yang shahih. Dengan menguasai ibadah praktis diharapkan anak didik dapat melaksanakan ibadah secara benar serta lebih berkualitas dan khusyu.
c. Tahsin dan Tahfizh Al Quran (TTQ)
·           Memberikan kemampuan dasar kepada siswa dalam cara membaca dan menghafal ayat Al-Qur’an
·           Menguasai cara membaca Al Quran sesuai dengan Ulumul Quran
·           Mendorong, membina dan membimbing sikap siswa agar prillaku sesuai dengan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an
          d.   Al-Qur’an dan Al Hadits
·           Memberikan kemampuan dasar kepada siswa dalam membaca, menulis, menghafal beberapa ayat Al-Qur’an dan Al Hadits.
·           Menguasai cara membaca Al Quran sesuai dengan Ulumul Quran
·           Mendorong, membina dan membimbing sikap siswa agar prillaku sesuai dengan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits.
2.  Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan   dan kepribadian.
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini adalah Pendidikan Kewarganegaraan.Siswa harus mempelajari seluruh kompetensi dasar pada mata pelajaran tersebut.
3.    Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggeris, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan ketrampilan. Siswa harus mempelajari seluruh kompetensi dasar pada mata pelajaran tersebut.
4.    Kelompok mata pelajaran estetika.
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini adalah Seni Budaya.
Tidak semua komptensi dasar yang tercakup dalam mata pelajaran seni budaya yang harus dipelajari siswa. Yang harus dipelajari siswa adalah aspek seni rupa, dan seni musik
5.    Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Mata pelajaran yang termasuk kelompok ini adalah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Mata Pelajaran di SDIT IQRA’ 1 terdiri dari  11 mata pelajaran yaitu :
a.    Pendidikan Agama Islam
b.    Pendidikan Kewarganegaraan
c.    Bahasa Indonesia
d.    Matematika
e.    Ilmu Pengetahuan Alam
f.     Ilmu Pengetahuan Sosial
g.    Seni Budaya dan Keterampilan
h.    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
i.      Hadits
j.     Tahsin
k.    Tahfidzul Qur’an

Tujuan matapelajaran, ruang lingkup, standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik untuk setiap matapelajaran sesuai dengan Permen Diknas No 22 tahun 2006’

b.   Muatan Lokal
     Muatan Lokal di SDIT IQRA’ 1 adalah Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
1.    Bahasa
Bahasa arab dan bahasa Inggris dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan kecakapan hidup siswa.
2.    Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar kompetensi Muatan Lokal Teknologi Informasi dan Komunikasi dikembangkan untuk mendukung mutu lulusan peserta didik agar memiliki kompetensi dalam bidang IT
     Setiap peserta didik wajib mengikuti pembelajaran muatan lokal secara keseluruhan.



c.    Pengembangan Diri ( Pembiasaan )
Kegiatan pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri yang harus diasuh oleh guru.  Pengembangn diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.  Kegiatan pengembangan diri dilaksanakan melalui :

1.    Kegiatan Terprogram
Kegiatan ini dilaksanakan secara reguler, di luar mata pelajaran ataupun muatan lokal. Berbentuk kegiatan ekstra kurikuler.
Jenis kegiatannya antara lain :
a)    Pramuka Sekolah Islam Terpadu
b)   Footsal
c)    Nasheed
d)    Englis Club
e)    Sastra
f)        Melukis/kaligrafi
g)    Sains club
h)    Matematik club
i)        Karate
Setiap pesertadidik wajib memilih sekurang-kurangnya satu dari kegiatan di atas.
Program kegiatan ini terlampir.

2.    Kegiatan Spontan
Kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja, dimana saja tanpa dibatasi ruang. Bertujuan untuk memberikan pendidikan pada saat itu juga, terutama dalam disiplin dan sopan santun dari kebiasaan yang lain.
Jenis kegiatannya antara lain :
a)      Membiasakan memberi salam
b)      Membiasakan melaksanakan ibadah tepat waktu dan berjamaah
c)      Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
d)      Operasi semut ( mengambil sampah ) secara spontan
e)      Membiasakan menegur/mengatasi silang pendapat/pertengkaran/ hal-hal   yang jelek
f)       Membiasakan hemat energi
g)      Membiasakan budaya antri
h)      Membiasakan memelihara kelestarian lingkungan

3.    Kegiatan Keteladan
Adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja yang lebih mengutamakan pemberian contoh dari guru, kepala sekolah dan pengelola pendidikan lainnya kepada peserta didik. kegiatan ini bertujuan memberi contoh/keteladan tentang kebiasaan perilaku yang baik.
Jenis kegiatannya antara lain :
a)    Memberi contoh berpakaian rapi/sederhana
b)   Memberi contoh datang tepat waktu
c)    Memberi contoh pulang pada waktunya/sesuai jadwal pulang
d)    Memberi contoh hidup sederhana
e)    Memberi contoh berbicara sopan dan santun
f)     Memberi contoh berperilaku jujur
g)    Memberi contoh memuji hasil kerja yang baik

4.    Kegiatan Penunjang
Adalah kegiatan yang direncanakan baik pada tingkat kelas, kelompok atau sekolah yang bertujuan memberikan wawasan tambahan kepada peserta didik untuk perkembangannya dalam kehidupan bermasyarakat.
Jenis kegiatannya antara lain : Seminar, Workshop, Out Bound, Sosialisasi tentang kesehatan, hidup hemat, HAM/ Hak Anak.

Proyek : Lomba, Olimpiade, dll.

2 komentar:

  1. maju terus sdit iqro, untuk membangun peradaban bangsa dan ummat, semoga selalu sukses dan memdapat ridho Alloh SWT

    BalasHapus

Terima kasih Telah Berkunjung :)
Silahkan Tinggalkan Pesan Untuk Kami Menjadi Lebih Baik